3/18/2009

    Belajar SEO Untuk Pemula

    Korupsi adalah kejahatan kemanusiaan. Korupsi sama bahayanya dengan terorisme. Sepantasnyalah kalau pelaku korupsi dihukum seberat-beratnya. Dukung hukuman mati bagi koruptor!!!
    Akhirnya setelah 1 minggu lebih menimba ilmu di pesantren (baca: blog/website) master-master SEO, saya memberanikan diri untuk sedikit berbicara SEO. Kalau dipostingan Saatnya Promosi Blog yang lalu telah dibahas hal-hal yang mesti dipersiapkan sebelum kita menginjak fase promosi. Nah dipostingan kali ini kita akan Belajar SEO (Search Engine Optimization) dan mengenal lebih dekat SEO. Kata pepatah " Tak kenal maka tak sayang" maka dari itu ayo kita belajar SEO bersama-sama.
    Yang perlu saya garis bawahi, apa-apa yang saya tulis dibawah ini adalah hasil dari blogwalking saya di blog/website senior-senior SEO. Jadi disini saya tidak bermaksud sok tau atau sok pinter mbahas SEO. Disini saya hanya ingin sharing dengan blogers mania tentang SEO dan mencoba mengaplikasikan apa yang telah saya peroleh dari seniors (baca: senior-senior) SEO. Wejangan dan petuah dari masters SEO akan coba saya terapkan diblog saya ini. Mudah mudahan mak nyus hasilnya, page rank naik dan alexa rank-nya bisa masuk 1 juta besar. He2.. Mungkin ga' seee..? Why not gitu loh! Not thing imposible if we are realy to study hard. Oke let's go discuss SEO together.
    Apa seee SEO itu? Kenapa juga seorang web master atau juga owner website mesti belajar SEO? Apa hubungan SEO dengan promosi blog? Itulah pertanyaan dasar yang harus dijawab. We start from definition of SEO. Bayak pakar SEO mendefinisakan pengertian SEO tapi pada intinya sama kok. Oke akan saya coba jabarkan dengan bahasa saya sendiri. Mudah-mudahan tidak tambah bingung!he2..
    Pengertian SEO, SEO (Search Engine Optimization) adalah segala upaya atau cara baik secara kualitas maupun kuantitas untuk menjadikan website/blog tertampil di urutan atas (SERP) sebuah search engine. Kok segala upaya mas yang dilakukan untuk tampil diurutan atas SEO berarti bisa dengan cara-cara yang tidak benar dunk? Betul, didunia SEO ada namanya Black SEO dan White SEO. Black SEO bisa diartikan sebagai usaha untuk tertampil diurutan atas (SERP) search engine tetapi tidak sesuai /melanggar TOS (Term Of Service) atau ketentuan layanan search engine. Kalau White SEO kebalikan Black SEO atau SEO yang sesuai dengan TOS search engine. Ada juga istilah Blue SEO. Artinya SEO yang agak hitam tapi ga hitam banget tapi juga ga putih-putih amat. Kalau istilah kerennya "Shubhat". He2.. Bingungkan?

    Lanjut ke pertanyaan kedua. Kenapa kita mesti belajar SEO? Why? Kembali ke tujuan awal dari SEO yaitu tertampil di search engine result page (SERP) atau peringkat 10 besar atas search engine. Dengan banyaknya jumlah website/blog yang ada di dunia ini, yang jumlahnya mencapai puluhan juta website. Tentunya tidak mudah untuk bisa tampil di peringkat 10 besar search engine. Untuk itu kita dituntut untuk belajar SEO agar bisa bersaing dengan para web master ataupun SEO enginner untuk merebutkan posisi atas search engine. Berarti susah dunk mas coz harus bersaing dengan master2 SEO? Kalau yang ditanya gitu saya, saya akan jawa "iya susah" karena saya belum menguasai ilmunya. Tapi bagi webmaster yang sudah lama berkecimpung di dunia SEO pasti akan mengatakan "Mudah kok". So let's study together SEO.


    Lanjut ke pertanyaan yang ketiga. Apa hubungannya SEO dengan promosi blog? Hem.. Kayaknya harus kembali lagi nech ke tujuan awal kita belajar SEO. Yah benar, tertampil SERP atau peringkat atas search engine. Trus apa untungnya kalau tertampil diperingkat atas search engine? Sekarang posisikan diri kita bukan sebagai owner website ataupu bloger. Posisikan diri kita sebagai seorang yang baru browsing di internet menggunakan search engine. Kita masukkan keyword yang akan kita cari. Kemudian sudah tertampil hasil pencarian search engine. Kira-kira hasil pencarian search engine mana yang akan kita klik/buka duluan? Halaman yang pertamakah? Kedua kah? Atau halaman yang ke 100? Yup,pasti halaman yang pertama yang akan dibuka dulu. Jadi dengan tertampilnya blog/website kita di SERP memudahkan pengunjung untuk menemukan blog/website kita. Karena sebagian besar pengunjung blog berasal dari search engine. Jadi SEO sangat menunjang keberhasilan promosi blog.

    Selamat belajar SEO, mudah-mudahan dipostingan berikutnya kita bisa sharing lagi masalah SEO. Sharing tips trik SEO dan jurus-jurus rahasia para SEO Enginner.
    Let's Make Bloging To Be Our Culture

    Hai sahabat blogger semua...
    Jika sahabat blogger merasa artikel ini bermanfaat untuk sobat
    Silahkan berlangganan artikel via email!

    1 comments:

    infogue on 17:09 said...

    Artikel anda di

    http://seo.infogue.com/belajar_seo_untuk_pemula

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur musikgue.infogue.com, info cinema, game online & kamus online untuk para netter Indonesia. Salam!

     

    Al-asra Blog Copyright © 2009 Template Designed by Bie