3/12/2009

    Saatnya Promosi Blog !

    Korupsi adalah kejahatan kemanusiaan. Korupsi sama bahayanya dengan terorisme. Sepantasnyalah kalau pelaku korupsi dihukum seberat-beratnya. Dukung hukuman mati bagi koruptor!!!
    Promosi blog, itulah yang akan sedikit saya coba bahas pada postingan kali ini. Pada postingan sebelumnya saya telah mengulas tetang bagaimana "Posting Lewat Email", mudah-mudahan bisabermanfaat. Kalau mbak2 n mas2 bloger belum sempat baca silahkan klik disini.
    Kebayang ga sich, kita sudah capek-capek buat desain blog yang menarik. Ngisi dengan konten atau postingan yang orisinil. Tapi tak ada satu pun pengunjung yang singgah ke blog kita, apalagi kasih koment. Hick..hick.. Sedih, dunia seakan gelap gulita (kayaknya ga segitunya dech) dan kemudia virus "malas ngeblog" mulai menjalar menginfeksi kita. Ujung-ujungnya karena malas ngeblog, blog kita jadi terbengkalai. Wah kacau dech kalau sudah begini! Segera ambil tindakan "tanggap virus anti ngeblog". He.. he.. Kok jadi ngelantur ngalor ngidul ga ngenah gini y..
    Trus gimana mas biar blog kita dikenal orang sehingga banyak pengunjungnya? Wah kalau ditanya gitu saya akan jawab "Promosi !"
    Trus gimana cara promosinya?
    Itulah yang akan coba kita ulas pada postingan kali ini.
    Sebenarnya dunia maya tidak jauh beda dengan dunia real. Begitu juga dengan promosi di dunia maya, sangat identik sekali dengan dunia real. Teknik-teknik promosi di dunia real bisa di aplikasikan di dunia maya. Bahkan menurut pendapat saya, promosi di dunia maya malah lebih mudah dan lebih efisien dari sisi tenaga dibanding dengan dunia real. Kenapa demikian, karena di dunia maya atau internet ada yang namanya "Search Engine" atau dalam mahasa kita juga disebut "Mesin Pencari". Saya yakin para pengguna internet sudah tidak asing dengan istih search engine, ada Google, Yahoo, MSN dll. Search engine inilah yang nantinya akan mencari dan memberikan content kepada pengguna internet di seluruh dunia. Luar biasa.. Blog kita bisa dikenal seluruh dunia bro.. Coba bayangkan jika kita promosi di dunia real, agar product kita dikenal seluruh dunia berapa besar sumber daya yang harus kita keluarkan? Ampun dech.. Ga kebayang bro!
    Sekarang tinggal bagaimana caranya blog kita bisa masuk atau terindex oleh mesin search engine. Bagiamana mengoptimalkan search engine yang ada. Pastinya tidak mudah karena kita harus bersaing dengan jutaan blog ataupun website yang ada di seluruh dunia agar terindex dihalaman awal search engine tersebut. Maka dari itu kita harus tau dan belajar yang namanya Search Engine Optimization (SEO). Apa SEO itu? Bagaimana trik-triknya? Bagaimana SEO bekerja? Faktor-faktor apa yang mempengaruhinya? dan masih banyak lagi yang harus dipelajari mengenai SEO.
    Tapi disini saya tidak akan membahas dulu mengenai SEO! Tanya kenapa? Sesuai diskripsi blog ini "Dari Sebuah Teori Mencoba Mengaplikasikan", jujur saya masih gaptek mengenai SEO. Jadi sekarang lagi dikit demi dikit nimba ilmu di pesantren (baca: blog/website) master-master SEO! Setelah teori-teori SEO bisa sedikit dipahami, Insaalloh di postingan yang akan datang akan coba kita ulas masalah SEO. So always stay tune in Al-asra Blog for update news.
    Jadi inget waktu awal-awal buat blog. Googling sana googling sini cari tips n trik ngeblog, ketemulah salah satu blog yang ngulas masalh tips n trik ngeblog. Saya baca salah satu comment yang menurut saya itu sangat mengelitik dan bikin saya ngekek (baca: ketawa). Kurang lebih begini commentnya : "Benahi dulu blogmu baru bicara tips n trik, blog masih amburadul aja bicara tips n trik!" Dari situlah saya jadi sadar akan pentingnya belajar teori kemudian di aplikasikan. Maka dari itu, untuk menghindari hal serupa, saya belum berani mengulas masalah SEO, belajar dulu nanti setelah ngeeeh (baca: paham) baru kita coba aplikasikan. Setelah dirasa apa yang diaplikasikan mendapatkan hasil yang positif, nanti baru transfer ilmu lewat postingan. Oke bro...

    Kembali ke promosi blog, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum blog kita mengijak fase promosi. Artinya apa sebelum kita promosi kita harus evaluasi blog kita dulu, apkah blog kita memang sudah siap dikunjungi? Apakah blog kita memang sudah siap nerima tamu?
    Apakah nanti setelah pengunjung datang, dia akan balik lagi berkunjung ke blog ini?
    Itu semua perlu difikirkan. Mungkin tulisan dibawah ini bisa dipertimbangkan.
    1. Isi blog kita dengan konten yang orisinil jangan copy paste dari blog lain. Kalaupun terpaksanya harus copy paste, ya diedit dululah, jangan copy paste buta (baca: copy paste tanpa editing). Trus 1 hal lagi yang harus diperhatikan kalau kita copy paste, cantumkan nama atau blog pemilik konten. Kalau tidak dicantumkan berarti itu pembajakan. "Piracy is Crime".
    2. Buat lay out atau template blog yang menarik, kombinasi warnanya oke, rapi. Jangan terlalu banyak gambar karena akan bikin blog kita loadingnya lama. Banyak pilhan template yang bisa dipake. Tinggal googling aja dengan keyword template gratis blogspot, dijamin maknyus hasilnya.....
    3. Siapak Tools untuk mempermudah saat mengakses blog kita. Seperti menu searching, site map dll.
    4. Siapkan juga Tools untuk berinteraksi dengan pengunjung, seperti kotak komentar (setiap template pasti ada), shoutmix, ogix, status yahoo masengger dll.
    5. He...he... apalagi ya, ada yang mau nambahin?
    Mungkin ini dulu, nanti kalau ada ilham masuk bisa ditambahi... Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Especially for my self and Generally for Bloger in Indonesia.
    Oke selamat mempromosikan blog.
    And Let's Make Bloging To Be Our Habbit and Culture!

    Hai sahabat blogger semua...
    Jika sahabat blogger merasa artikel ini bermanfaat untuk sobat
    Silahkan berlangganan artikel via email!

    3 comments:

    Anonymous said...

    Boss....
    Aku juga lagi promosiin blog aku nih..
    Moga aja bisa dapet page rank.. :-)
    Btw, template-nya bagus.

    Zaldy Saindy Masali on 00:09 said...

    Memang sih pak untuk promosi website kita banyak caranya dari yang biasa-biasa aja ampe ada yang ekstrim. Tapi sebenarnya dari segi promosi website yang paling baik dan benar menurut bapak itu dengan cara apa yah ? selama ini sih saya cuma dengan mampir ke situs orang lain dan memberikan komentar tentang article yang dibuat pemilik situs. Yah seperti sekarang ini saya termasuk promosi juga. Tapi saya menghindarkan promosi dengan menaruh link situs saya sembarangan dibagian komentar soalnya kurang bagus saja. Paling saya cm memasukan link saya ke bagian Name, Email, dan Website kolom comment. Jadi tidak merusak kolom comment article dari situs orang lain.

    Oiya di situs bapak ada tempat untuk link exchange/blogroll bgitu ga ? soalnya sekalian nih pak mungkin kita bisa tukaran link situs kita.

    Salam Kenal,

    DeViLnoAnGeL InFo

    danu on 19:31 said...

    Punya sumber situs lain buat nyari pengunjung blog?
    Saya lagi coba ngumpulin nih, baru dapet sedikit.

    www.Menjaring-Pengunjung-Blog.blogspot.com

     

    Al-asra Blog Copyright © 2009 Template Designed by Bie