3/22/2009

    Virus Conficker Menyerang Dunia

    Korupsi adalah kejahatan kemanusiaan. Korupsi sama bahayanya dengan terorisme. Sepantasnyalah kalau pelaku korupsi dihukum seberat-beratnya. Dukung hukuman mati bagi koruptor!!!
    Pengguna komputer dan internet akhir-akhir ini dihebohkan dengan hadirnya varian baru virus komputer. Virus Conficker namanya. Atau bisa juga disebut Kido, Recycle,atau Downadup. Virus ini membuat AS dan Eropa gempar pada akhir tahun 2008 dan di Indonesia, virus Conficker sendiri baru ramai dibicarakan akhir Februari kemarin. Virus ini menyerang komputer yang OS -nya berbasis Windows. Celah yang ada di Windows dimanfaatkan virus Conficker untuk menginfeksi setiap komputer. Begitu berbahayanya virus ini, sampai-sampai Microsoft buat sayembara berhadiah US$ 250.000 bagi yang bisa menangkap si pembuat virus. US$ 250.000 bro.. Atau setara Rp. 3 milyar. He2 pelakunya orang Indonesia ga ya? kalau orang Indonesia ada kesepatan dapet 3 milyar nih.

    Menurut sejumlah perusahaan anti virus, varian virus conficker ini sudah ada sekitar 3000 varian. Dan sudah men-generate 50.000 domain yang tadinya hanya 250 domain. Wow ngeri. Virus Conficker ini sangat berbahaya. Dampak yang ditimbulkan adalah:
    1. Virus ini akan melumpuhkan sistem restore dengan mereset restore pointnya.
    2. File hidden tidak bisa ditampilkan
    3. Mematikan sharing folder dan printer
    4. Virus ini mampu mengubah file worm dengan ekstensi jpg, gif, png.
    5. Virus ini mampu membuka port yang mana dari port itu virus lain ataupun trojan bisa menginfeksi komputer tersebut.

    Begitu mengerikan dampak virus ini, bahkan di Huston AS, akibat virus ini jaringan dikota itu sempat lumpuh bebarapa hari. Di Jerman virus ini juga sudah menyerang ke jaringan komputer milik militer Jerman. Busyet deh..
    Lalu bagaimana medeteksi keberadaan virus ini? Ada 2 cara untuk mendeteksi virus ini:
    1. Coba akses situs microsoft atau situs-situs penyedia anti virus, kalau situs-situs tersebut tidak bisa diakses sedangkan situs-situs lain bisa diakses, hem patut dicurigai tuh virus conficker sudah menginfeksi.
    2. Scan dengan anti virus. Jika ditemukan "win32/conficker" harus segera ambil tindakan ni.

    Setelah kita tau bahwa komputer kita terinfeksi virus Conficker, segera ambil tindakan untuk melenyapkan sampai ke akar-akarnya dari komputer kita (sadis amat seee). Yang jadi masalah apakah semua anti virus bisa menghilangkanya? Hampir semua pabrikan pembuat anti virus mengklaim sudah bisa mengatasinya. Tapi mungkin anti virus yang bisa jadi pertimbangan adalah PCMAV buatan PC Media (Ups.. Bukanya promosi lho, saya juga bukan bagian dari PC Media). PCMAV mengeluarkan anti virus khusus untuk melawan virus ini. Namanya PCMAV EXPRESS FOR CONFICKER. Anti virus ini berbeda/terpisah dengan PCMAV 2.0. PCMAV EXPRESS FOR CONFICKER dapat di download gratis di www.virusindonesia.com

    PCMAV Express for conficker diklaim PC Media sebagai satu-satunya anti virus di dunia sekarang ini yang bisa menghilangkan virus conficker sampai ke akar-akarnya. Kalau benar demikian kita patut berbangga hati karena anak-anak bangsa ini sudah mampu bersaing dengan perusahaan pembuat vaksin anti virus negara-negara maju. Menurut PC Media, virus conficker ini mampu menyerang dan melindungi diri sampai di memori ring0 (kernel mode). Apabila anti virus yang dipakai tidak bisa menghapus virus yang sudah menyerang ring0, maka dipastikan virus ini akan muncul lagi. Selain menghapus virus ini sampai ke akar-akarnya, PCMAV juga diklaim bisa mengembalikan seperti semula kerusakan akiba ulah virus conficker ini. Siiplah.. Mudah-mudah demikian soalnya saya juga belum mencobanya.

    Untuk kedepannya kita harus lebih waspada dengan virus ini. Bukan tidak mungkin akan muncul varian-varian baru yang lebih ganas, berbahaya dan destroyed. Untuk itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan:
    1. Gunakan anti virus yang bisa menghapus virus conficker sampai ke akar2nya seperti PCMAV EXPRESS FOR CONFICKER.
    2.Update patch window untuk menutupi bug yang ada di windows dan mencegah infeksi ulang conficker.
    3.Matikan fasilitas autorun yang ada dikomputer.
    4.Gunakan user account yang setara administrator dan gunakan pasword dengan kombinasi angka & huruf karena virus conficker mempunyai kemampuan menebak pasword yang kita gunakan.
    Mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa berguna. Let's make bloging to be our culture. Salam

    Hai sahabat blogger semua...
    Jika sahabat blogger merasa artikel ini bermanfaat untuk sobat
    Silahkan berlangganan artikel via email!

    2 comments:

    Anonymous said...

    wahhh kayaknya buatan indonesia tuh virus

    Nongkrong Area on 02:03 said...

    harus hati-hati ni..

     

    Al-asra Blog Copyright © 2009 Template Designed by Bie