4/03/2009

    Perbedaan Google Page Rank dan Alexa Traffic Rank

    Korupsi adalah kejahatan kemanusiaan. Korupsi sama bahayanya dengan terorisme. Sepantasnyalah kalau pelaku korupsi dihukum seberat-beratnya. Dukung hukuman mati bagi koruptor!!!
    Di dunia internet, untuk menilai popularitas sebuah website/blog bisa dilihat melalui 2 indikator. Yang pertama adalah Google page rank dan yang kedua adalah Alexa traffic rank. Masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda dalam menilai popularitas sebuah website/blog. Sebelum berbicara mengenai perbedaan mendasar antara Google page rank dan Alexa traffic rank mari kita liat pengertiaan google page rank dan pengertian alexa traffic rank.

    Definisi Google page rank adalah sebuah penilaian atau pemeringkatan popularitas suatu website yang dikeluarkan oleh Google terhadap website/blog berdasarkan alogaritama tertentu. Hanya Google yang tau pasti alogaritma yang digunakan untuk penilaian page rank. Range penilaian antara 0-10. Semakin besar nilainya berarti di mata Google, website/blog itu semakin populer. Page rank 10 biasanya dimiliki website seperti Google ataupun Yahoo. Begitu juga sebaliknya semakin kecil nilai page rank (page rank 0), di mata Google website itu kurang populer. Sebenarnya seberapa penting page rank bagi sebuah website/blog? Bagi website/blog yang money oriented atau website/blog untuk monetizing, website untuk berburu dolar, mempunyai page rank yang bagus adalah keharusan. Karena, kebanyakan broker ataupun advertiser meminta syarat page range yang bagus untuk menampilkan iklan ataupun review mereka.

    Sedangkan definisi Alexa Traffic Rank adalah pemeringkatan popularitas website/blog berdasarkan traffic website/blog tersebut yang dikeluarkan oleh Alexa. Berbeda dengan Google page rank, semakin kecil nilai alexa rank maka blog itu lebih populer. Range nilainya dari 1 sampai jutaan. Untuk mengetahui berapa nilai Alexa rank dapat diketahui dari Alexa.com

    Mari sejenak mengevaluasi blog ini, bagaimana nilai google page rank ataupun alexa traffic rank-nya. Empat minggu yang lalu blog ini memiliki Google page rank 1 dan Alexa traffic rank 13 jutaan. Miris juga ni liat alexa rank masih 13 jutaan dan page ranknya masih 1. Untuk sementara akhirnya saya memfokuskan blog ini bagaimana mendapatkan Google page rank dan Alexa traffic rank yang bagus. Setelah 4 minggu berlalu ternyata apa yang saya usahakan tidak sia-sia. Alexa traffic rank yang awalnya 13 jutaan mampu ditekan hingga 4 jutaan dalam waktu 4 minggu. Tapi yang membuat saya heran Google page rank tidak beranjak dari point 1. Kok bisa gitu y? Ada yang tau kenapa? Itulah yang menjadi pertanyaan saya. Saya coba flash back apa yang telah saya lakukan untuk promosi/mengenalkan blog ini. Dan juga saya coba cari tau dengan bertanya ke senior bloger masalah ini. Akhirnya dari flash back dan dari apa yang saya peroleh dari para senior bloger saya dapat ambil sedikit kesimpulan (ini kesimpulan saya sendiri, tolong kalau salah dibenerin).

    Yang pertama dari segi range penilaian, Alexa rank lebih sensitif. Artinya, perubahan nilai sedikit saja akan kelihatan karena range penilainya dari 1 sampai tak terhingga tergantung jumlah weblog yang ada di dunia. Di Alexa rank satu website/blog menempati 1 nilai alexa rank. Berbeda dengan google page rank, range yang dipake sangat kecil hanya 1 sampai 10 sehingga perubahan kecil nilai tidak terdetect.

    Yang kedua tentang update nilai, Alexa rank lebih update dibanding google page rank. Kalau tidak salah Alexa rank update 2 minggu sekali sedangkan google page rank 3 bulan sekali. Tapi denger-denger akhir-akhir ini google page rank update nilai 2 minggu sekali. Mudah-mudahan demikian, jadi kita bisa evaluasi blog 2 minggu sekali dengan mengetahui nilai update dari Alexa rank dan Google page rank.

    Yang ketiga, tentang indikator penilaian. Alexa indikator penilaiannya berdasarkan jumlah traffic blog tersebut. Semakin banyak traffic blog tersebut maka blog tersebut nilai alexa rank-nya semakin bagus. Sedangkan untuk google page rank indikator penilainya bergantung pada kualitas dan kuantitas website/blog yang ngelink ke blog kita. Yang dimaksud dengan kuantitas berarti banyak sedikitnya weblog yang ngelink ke blog kita. Semakin banyak weblog yang ngelink ke blog kita, berarti blog kita semakin populer dan nilai google page rank semakin meningkat. Sedangkan yang dimaksud secara kualitas adalah tinggi rendahnya nilai google page rank yang memberikan link ke blog kita. Tentunya weblog dengan google page rank tinggi yang ngelink ke blog kita akan berdampak bagus untuk menaikkan page rank. Maka dari itu mendapat link dalam jumlah yang banyak dari weblog dengan google page rank tinggi adalah harapan setiap blogger.

    Demikian seklumit dari saya mudah-mudahan bermanfaat. Sebagai catatan, apa yang saya tulis diatas adalah dalam rangka sharing ilmu dan berbagi pengalaman. Tentunya banyak sekali kesalahan ataupun ketidakrelevanan yang saya tulis diatas dengan teori yang sebenarnya. Itu dikarenakan kurangnya pemahanan dan pengetahuan saya. Mohon dikoreksi dan dimaafkan!
    Salam blogger Indonesia and let's make bloging to be our habbit and culture.

    Hai sahabat blogger semua...
    Jika sahabat blogger merasa artikel ini bermanfaat untuk sobat
    Silahkan berlangganan artikel via email!

    8 comments:

    bocals on 10:15 said...

    thanks dah kasih trik http://xbocals.blogspot.com/

    AIDIL ISMAIL on 22:18 said...

    Terima kasih, atas infonya. saya lagi berusaha meningkatkan Pagerank dan alexarank web saya. Mas ginana kalu mau Tukar link dengan blog mas.
    web saya di www.iklantehobeng.co.cc

    Rachmattullah,S.Sos on 23:46 said...

    wah info inilah yang aku cari, makasih ya mas artikle mu oke, sukses selalu

    Anak Asal on 12:57 said...

    sebelumnya saya adalah blogger pemula jadi mohon petunjuknya....

    saya punya blog yang umurnya hampir 1 tahun dan jarang saya update.

    ketika mengetahui peluang mendapat uang dari blog saya mulai mengecek hal yang di perlukan seperti page rank,alexa rank dan back links.

    setelah saya cek di alexarankcheckers.com, saya lihat page rank saya 0, alexa rank 8 , dan backlinks 0.

    seperti itu apa maksudnya??

    apakah berarti saya belum bisa ikut program berbayar??

    terimakasih,
    oia,
    bagi yang mau tolong pasang backlink ke blog saya ya....

    blog saya : pangeransalju.blogspot.com

    terima kasih

    semutbengkok on 01:18 said...

    ooo ya bos aq bermasalah sma trafic rank q ne yg mase 24 juta-an
    mudah-mudahan cepet turun nya
    ooo ya kita tukeran link y!!

    The Hanggara-Bill Post on 13:45 said...

    Ouwh..Begitu towh..Berarti Blog saya ada peningkatan.xixixixi..

    Thx artikelnya..

    Hot Issue on 07:40 said...

    Makasih banget mas...pengalamannnya sama kaya saya, Alexa rank kecil (664,499) tapi google page rank nya masih 1, jawaban diats sangat membantu saya.

    cek yang ini ya Fitnes guide

    Thanks salam bloger Indonesia

    muhamad amril on 13:40 said...

    waaah keren nih artikelnya.jika ada yang memerlukan perlengkapan lari segera aja kunjung http://sukaoutdoor.com/ disana banyak perlengkapan olahraga lho

     

    Al-asra Blog Copyright © 2009 Template Designed by Bie