8/27/2012

    Luruskan Niat, Tidak Tergoda Oleh Godaan Masa Lalu.

    Korupsi adalah kejahatan kemanusiaan. Korupsi sama bahayanya dengan terorisme. Sepantasnyalah kalau pelaku korupsi dihukum seberat-beratnya. Dukung hukuman mati bagi koruptor!!!
    Judul tulisan ini sepertinya agak lebay. Judul itu menggelitik saya karena niat lurus saya dalam menulis blog sepertinya mulai tergoda lagi dengan tebaran dolar. Ya, setelah kembali meluruskan niat bahwa kegiatan menulis di blog adalah sarana ekspresi diri sembari mengasah kemapuan menulis, tetapi iklan-iklan dengan tampilan flash tetap memukau untuk dilirik. Boleh sih sekali-kali nenggok blog-blog tetangga yang sudah di monitize sebagai inspirasi, tetapi yang utama jangan sampai terlupakan. Tetap fokus bagaimana meningkatkan kemampuan menulis. Harus disadari kalau kita fokus di monetize blog dan menomor duakan kualitas tulisan, kita akan KO dengan blogger-blogger senior dengan background IT.

    Tujuan awal kita buat blog adalah untuk sarana ekspresi diri. Selain itu juga untuk melatih kemampuan menulis. Perlu diingat, dengan tujuan seperti itu, tulisan yang kita buat pun harus mengarah ke situ. Artinya, konsumen  dari tulisan kita adalah orang yang membaca tulisan kita. Jadi sebisa mungkin bahasa yang kita gunakan adalah bahasa yang sesuai dengan konsumen kita. Mudah difahami, tidak bertele-tele. Lugas dan jelas. Beda halnya kalau konsumen kita adalah search engine. Kalau konsumen tulisan kita adalah untuk search engine, kita cenderung memasukkan keyword-keyword pupular di mata search engine. Kita tidak lagi memperhatikan kaidah-kaidah bagaimana menulis yang baik dan benar. Kita akan mengabaikan aturan-aturan bagaimana menghasilkan tulisan yang enak dibaca. Mudah dipahami dan tidak bertele-tele.

    Untuk itu mari kita luruskan niat. Biarkan search engine bekerja sebagaimana mestinya. Kita pun menulis sesuai dengan tujuan awal kita. Tetap fokus pada kualitas tulisan. Masalah search engine mau meng-index tulisan kita itu urusan belakangan. 

    Demikian. Mudah-mudahan bermanfaat. Salam

    Hai sahabat blogger semua...
    Jika sahabat blogger merasa artikel ini bermanfaat untuk sobat
    Silahkan berlangganan artikel via email!

    0 comments:

     

    Al-asra Blog Copyright © 2009 Template Designed by Bie