8/15/2012

    Mengevaluasi Kembali Tujuan Ngeblog

    Korupsi adalah kejahatan kemanusiaan. Korupsi sama bahayanya dengan terorisme. Sepantasnyalah kalau pelaku korupsi dihukum seberat-beratnya. Dukung hukuman mati bagi koruptor!!!
    Entah angin dari mana  kok tiba-tiba fikiran ini tergerak untuk kembali mengakses blog ini. Yah blog ini pertama kali blog yang aku buat kurang lebih empat tahun yang lalu. Tepatnya 20 Mei 2008  pukul 12:11 (entah waktu mana saya lupa) artikel pertama di publish di blog ini. Ide awal dari pembuatan blog ini semata-mata hanya ini mengetahui bagaimana cara membuat blog dan memodifikasinya dengan memanipulasi kode-kode HTML-nya. Berbekal panduan dari blog Kang Rohman, kolom-tutorial.blogspot.com (blog ini apakah sekarang masih hidup atau tidak saya sudah tidak pernah mengaksesnya lagi), sedikit demi sedikit cara membuat blog dan memodifikasinya bisa dipahami. Jujur, awal pertama buat blog, saya sangat tidak peduli dengan isinya. Saya terobsesi bagaimana memanipulasi blog sehingga interface blog tersebut menarik.

    Hari berganti, angin tetap berhembus. Cuaca berubah, daun-daun tetap tumbuh. Tapi kata hatiku tak pernah berubah untuk  lebih dalam lagi mempelajari dunia bloging. Disinilah mulai masalah muncul, godaan mulai melambai-lambai, dan ajakan-ajakan yang mengiurkan mulai nampak di pelopak mata. Apa maksudnya? Ya, ternyata dunia bloging mempunyai potensi yang luar biasa jika kita mampu menggalinya. Banyak orang sukses baik secara financial maupun karir gara-gara mengeluti dunia bloging. Mulai deh virus aku Pengen seperti mereka yang sukses dengan mengeluti dunia bloging. Hem, awalnya hanya iseng-iseng belajar buat blog dan memanipulasi templatenya, sekarang sudah mulai punya angan-angan dengan blog ini. Angan-angan yang dimaksud adalah mulai berfikri  bagaimana bisa mendapatkan profit dari blog ini. Wow, apa yang salah dengan angan-angan ini Gan? I think, angan-angan atau mimpi bagus  untuk memacu seseorang untuk berkarya ! That right, awalnya saya juga berfikri demikian, dan saya optimis saya mampu untuk itu, dan sampai sekarang pun saya masih optimis saya mampu untuk itu, tapi harus realistis dan harus tau step-stepnya.

    Sebenarnya logika simple saja bagaimana mendapatkan profit/income dari dunia bloging. Intinya bagaimana blog kita memiliki Traffic blog kita tinggi. Nah yang jadi masalah bagaimana membuat traffic kita tinggi? Itu yang harus dipelajari dulu. Traffic yang tinggi berarti banyak pengunjung yang datang. Pengunjung akan datang lagi manakala isi dari blog kita berkualitas, tulisan kita berbobot, mudah dicerna dan memberikan manfaat bagi pembacanya. Klo itu sudah terpenuhi, dijamin deh loo semua akan dapat loyal visitor. Nah, mungkin yang perlu direnungkan dan difikirkan kembali, sudahkan isi dari blog kita berbobot? layak dibaca ? layak dikunjungi kembali? Mari kita evaluasi bersama kembali blog kita.

    Saya sudah lama sekali meninggalkan blog ini, dan alhmdulillah Google tidak menghapusnya. Saya pernah coba berpaling ke blog-blog baru yang saya buat dengan tema spesifik demi mengejar profit. Tapi memang tidak semudah yang dibayangkan. Karena keterbatasan waktu ,sumber daya, termasuk juga keterbatasan kemapuan, akhirnya blog-blog itu "mangkrak" begitu saja. Butuh konsentrasi dan fokus extra untuk bisa mendatangkan  profit dari sebuah blog.

    Hari ini saya mencoba mengevaluasi kembali tujuan dari kegiatan ngeblog ini. Saya coba berfikri sederhana. Saya coba kembalikan ke logika sederhana diatas tentang bagaimana mendatangkan profit dari sebuah blog. Saya coba kembalikan ke dasar pemikiran bahwa isi blog akan sangat menetukan kesuksesan sebuah blog. Maka dari itu kita tingkatkan kualitas isi dari blog kita. Sesuai dengan motto  blog ini " Let's Make Blogging To Be Our Habbit". Buat  nulis blog jadi hobbi kita, dengan menjadi hobby maka nulis blog akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Kesenangan tidaklah kalah penting dari sebuah profit, bahkan dari sebuah kesenagan akan dengan mudah mendatangkan profit. That All. Salam blogger Indonesia.

    " Let's Make Blogging To Be Our Habbit"

    Hai sahabat blogger semua...
    Jika sahabat blogger merasa artikel ini bermanfaat untuk sobat
    Silahkan berlangganan artikel via email!

    0 comments:

     

    Al-asra Blog Copyright © 2009 Template Designed by Bie